Month: January 2017

Sedekah Kreatif

Posted on Updated on

๐Ÿš๐Ÿ—๐Ÿค๐Ÿ– Siapkan nasi bungkus dari rumah. Berikan ke orang yang kira2 membutuhkan seperti pedagang kecil, pengemis, orang gila, pengamen, anak terlantar dll. Nggak usah banyak2 misal 1 bungkus setiap harinya.

๐Ÿšฟ๐Ÿ›๐Ÿ›€ Laundry/cucikan Mukena secara berkala musholla yg ada di sekitar lingkungan kita.

๐Ÿ‘˜๐Ÿ‘ฐ๐Ÿ‘˜ Berkala beli Mukena baru, misal 3 bln sekali. Malu dong sama Allah pake itu-itu melulu, yang lama disedekahkan.

๐ŸŽ๐ŸŽ๐ŸŽ Bawa Mukena ketika akan berpergian. Tinggalkan di masjid/ musholla yg kita singgahi.

๐Ÿ‘š๐Ÿ‘•๐Ÿ‘” Beli kamper/pengharum baju. Taruh di kumpulan mukena di masjid/musholla yg kita singgahi

๐ŸŽ๐ŸŽ๐ŸŽ Bungkus perlengkapan shalat (Mukena, sarung, sajadah, kopiah, Al Qur’an jadikan parcel ketika lebaran. Berikan ke satpam komplek atau tukang kebersihan komplek atau office boy dikantor.
InsyaAllah pahalanya mengalir.

๐Ÿ‘Ÿ๐Ÿ‘ž๐Ÿ‘ก Beli beberapa pasang sandal cepit, taruh di kantor, musholla atau masjid untuk digunakan ketika berwudhu.

๐Ÿšฟ๐Ÿ›๐Ÿšฟ Beli perlengkapan untuk membersihkan toilet, juga pengharum ruangan, dan berikan secara berkala ke masjid2.

๐Ÿ‘ณ๐Ÿ‘ฆ๐Ÿ‘ณ Bagi yang shalat Jum’at, datang 15 menit lebih awal. Bantu bersih2 dan beres2.

๐Ÿถ๐Ÿผ๐Ÿถ Kumpulkan botol minuman plastik/botol bekas shampoo dll, setelah banyak berikan ke pemulung.

๐Ÿธ๐Ÿน๐Ÿท Kalau beli minum dalam kemasan, kalau ada sisa bawa pulang. Airnya bisa disedekahkan untuk tanaman (sedekah alam), dan wadahnya dikumpulkan, kl sdh banyak dikasihkan pemulung..

๐Ÿฆ๐Ÿง๐Ÿฆ๐Ÿง Beli beberapa burung yang murah saja, lepaskan ke alam bebas.

๐Ÿฏ๐Ÿฏ๐Ÿฏ Beli makanan mpus siap saji flm toples, taruh di tas. Ketika di jalan ketemu kucing liar, berikan.

๐Ÿถ๐Ÿผ๐Ÿถ Beli barang diskonan di supermarket agak banyak. Misal detergent, minyak goreng, sabun, buku tulis, pulpen kemudian bungkus cantik hadiahkan ke panti asuhan atau rumah singgah.

๐Ÿ™…๐Ÿ™…๐Ÿ™… Jangan nawar ke pedagang kecil, kalo bisa justru kasih lebih.

๐Ÿ“Ž๐Ÿ“ฐ๐Ÿ”งBeli tissue atau keperluan yg sederhana di pedagang kecil yg kita jumpai, misal tissue 2000 rupiah, ikat rambut atau peniti sudah cukup bikin mereka senang.

๐ŸŸ๐Ÿค๐Ÿ›๐Ÿง Ketika makan di kaki lima ada pengemis atau anak terlantar, beliin mereka seporsi seperti yg kita makan..

๐Ÿฐ๐ŸŽ‚๐Ÿซ๐Ÿž Siapa yg suka jualan makanan kecil di kantor? Gratisin buat yg buka puasa. Kebayang jkan gorengan 2000 bisa bikin kita masuk surga. In syaa Allah.

๐Ÿฐ๐ŸŽ‚๐Ÿซ๐Ÿž Ada pembangunan masjid? Bisa bikin gorengan? Berikan beberapa ke pekerja.

๐Ÿ™‹๐Ÿ™‹๐Ÿ™‹ Selalu siap jika dimintai tolong tenaga, jika sedekah materi belum bisa kita lakukan.

๐Ÿš•๐Ÿš‹๐Ÿš๐Ÿ’ด Bayarlah lebih ketika naik angkot yang supirnya kakek2 atau bapak tua.

๐Ÿ’ด๐Ÿ’ฐ๐Ÿ’ท Kasih tips lebih buat ibu/abang ojek online kalo kira2 jaraknya jauh dan juga kondisi mereka yg kira2 memprihatinkan (tua misalnya).

๐Ÿ’ด๐Ÿš๐Ÿš– Ketika di bis/ angkot. Bayarin nenek-kakek yg keliatan kurang mampu atau suami istri yg buta.

๐Ÿท๐Ÿน๐Ÿธ Pas bulan Ramadan. Diperkirakan buka puasa diperjalanan. Angkot, bis, kereta, busway etc. Siapkan beberapa air mineral (gelas) pas adzan bagi2.
Kebayang beli 5000 aja udah dapat 10, Kita dapat 10 pahala beri minuman orang berbuka. Insya Allah.

โœˆ๐Ÿš—๐Ÿš™๐Ÿš€ Tawarkan temen kita yang searah, Jika kita bawa kendaraan.

๐Ÿฐ๐Ÿฉ๐Ÿฐ Pada saat di perjalanan bersama keluarga mampir di toilet masjid biasakan anak laki2 diberi tugas bersihin toilet dan tempat wudhu.

๐Ÿšฒ๐Ÿฅ๐Ÿธ๐Ÿš€ Rutin mensortir mainan anak2! kita. Buy 1 give 1. Ketika beli mainan baru harus ada 1 mainan yang disedekahkan ke temannya atau panti asuhan.

๐Ÿ“๐Ÿ“„๐Ÿ“ƒ Share status ini semoga jadi salah satu timbangan amal jariyah kita nanti. Aamiin YRA..

Semoga menginspirasi ๐Ÿ’ช๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‡

Mulai dari hal yg terlihat sepele, mulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang..

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang2 yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap2 bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.
[QS. AL BAQARAH 2:261]

Buat yang sudah nge-share saya ucapkan Jazakumullah Khairan Katsiran Wa Jazakumullah Ahsanal Jaza.
Kebayang satu orang di antara kita menjalankan ini setiap harinya berapa banyak masalah sosial bisa teratasi … plus pahala yang bisa kita raih .. Aamiin .. ๐Ÿ˜Š

*Membuat Anakmu Sholat TANPA Debat

Posted on Updated on

“Bagaimana Membuat Anak2 Anda Sholat dengan
Kesadaran Mereka Sendiri Tanpa Berdebat dan
Tanpa Perlu Diingatkan .. ?

๐Ÿ’•Anak2 anda tidak mau sholat .. ? atau mereka
sampai membuat anda capek saat mengingatkan
untuk sholat .. ?

Mari kita lihat bagaimana kita bisa merubah ini semua ~ biidznillah

“”Seorang sahabat
berkisah : “Aku akan menceritakan satu kisah yg terjadi
padaku ”

“”Saat itu, anak perempuanku duduk di kelas 5 SD7
Sholat baginya adalah hal yg sangat berat ..
sampai2 suatu hari aku berkata kepadanya :
“Bangun .. !! Sholat .. !!”,
dan aku mengawasinya ..

“Aku melihatnya mengambil sajadah, kemudian
melemparkannya ke
lantai ..
Kemudian ia
mendatangiku ..
Aku bertanya kepadanya : “Apakah kamu sudah sholat .. ?”
Ia menjawab : “Sudah”

Kemudian aku Mencubitnya.
Aku tahu aku salah.
Tetapi kondisinya mmg
benar2 sulit ..

Aku menangis ..
Aku benar2 marah padanya, aku rendahkan dia
dan aku menakut2inya akan siksa Allah ..
Tapi .. ternyata semua kata2ku itu tidak ada manfaatnya ..

๐Ÿ“‹Suatu hari, seorang sahabatku bercerita suatu kisah
“”Suatu ketika ia berkunjung kerumah seorang kerabat dekatnya, ketika datang waktu sholat, semua anak2nya langsung bersegera melaksanakan sholat tanpa diperintah

โซIa berkata :
Aku berkata padanya “Bagaimana anak2mu bisa sholat dg kesadaran mereka tanpa berdebat dan tanpa perlu diingatkan .. ?

“Ia menjawab :
Demi Allah, aku hanya ingin
mengatakan padamu bahwa sejak jauh sebelum aku menikah aku selalu memanjatkan DO’A
ini ..

dan sampai saat ini pun aku masih tetap berdo’a dg DO’A tersebut.

โœ…Setelah aku mendengarkan nasehatnya, aku selalu tanpa henti berdoa dg do’a ini ..
Dalam sujudku ..
Saat sebelum salam ..
Ketika witir ..
Dan disetiap waktu2 mustajab ..

Demi Allah wahai saudara2ku ..
Anakku saat ini telah duduk dibangku SMA ..
Sejak aku memulai berdoa dg doa itu,

anakku lah
yg rajin membangunkan kami dan mengingatkan
kami untuk sholat ..
Dan adik2nya,

Alhamdulillah .. mereka semua selalu menjaga sholatnya
Sampai2 .. saat ibuku berkunjung dan menginap
dirumah kami, ia tercengang

melihat anak perempuanku bangun pagi, kemudian membangunkan kami satu persatu untuk sholat

โ‡Aku tahu anda semua penasaran ingin
mengetahui doa apakah itu?
Yaaa .. doa ini ada di QS.Ibrahim : 40

ุฑุจ ุงุฌุนู„ู†ูŠ ู…ู‚ูŠู… ุงู„ุตู„ุงุฉ ู๏ปญูŽ๏ปฃู๏ปฆ ๏บซู๏บญูู‘๏ปณูŽู‘๏บ˜ู๏ปฒ ๏บญูŽ๏บ‘ูŽู‘๏ปจูŽ๏บŽ ๏ปญูŽ๏บ—ูŽ๏ป˜ูŽ๏บ’ูŽู‘๏ปžู’ ๏บฉู๏ป‹ูŽ๏บŽ๏บ€ )

Rabbij’alni muqimas salati wamin zurriyati rabbana wataqobbal du’a

“Ya Robbku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yg tetap melaksanakan
sholat .. Ya Robb kami , perkenankanlah doaku”
(QS. Ibrahim : 40 )

โ™ปYaa .. Doa .. Doa .. dan Doa ..

Sebagaimana anda semua tahu bahwa doa
adalah senjata seorang mukmin

“Kirimkan tulisan ini agar lebih banyak orang yg mengambil manfaat ..

๐Ÿ•œ”Semoga Allah merahmati orang yang bersedia men-share (tulisan ini), kemudian
menjadikannya pemberat bagi timbangan kebaikannya”

โ˜‘Baca selalu doa ini untuk anak2mu, biidznillah mereka akan selalu berada dalam penjagaan dan perlindungan Allah Ta’ala .. Aamiin Allaahumma Aamiin

_jangan hanya dibaca sendiri, yuuu’ sebarkan dan rasakan manfaat kebaikan demi kebaikan_

Teka-Teki Hidup

Posted on Updated on

Isilah *titik-titik di bawah ini* dan mohon dijawab dengan jujur dan cepat.

1. Allah menciptakan tertawa dan …………… ??
2. Allah itu mematikan dan …………… ??
3. Allah itu menciptakan laki-laki dan …………… ??
4. Allah itu memberikan kekayaan dan ……………. ??

*Bagaimana jawabanya ?*

Gampang kan ?
Sebagian besar jawaban ternyata memang benar, tapi hanya untuk nomor 1, 2 dan 3 saja.
Sedang untuk jawaban Nomor 4, Ternyata mayoritas salah.

*KENAPA ???*

Sekarang mari kita bahas.
Mayoritas kita tentu akan dengan mudah menjawab :
1. Tertawa dan (Menangis)
2. Mematikan dan (Menghidupkan)
3. Laki laki dan (Perempuan)
Tapi bagaimana dengan no.4 ?
Apakah benar jawabannya adalah Kemiskinan..?
Nah untuk mengetahui jawabannya, mari kita lihat rangkaian firman Allah dalam Surah An-Najm ayat 43-45, dan 48, sbb:

*Jawaban no 1*

:๏ปญูŽ๏บƒูŽ๏ปงูŽู‘๏ปช ๏ปซู๏ปฎูŽ ๏บƒูŽ๏บฟู’๏บคูŽ๏ปšูŽ ๏ปญูŽ๏บƒูŽ๏บ‘ู’๏ปœูŽ๏ปฐ

“dan Dia-lah yang menjadikan orang *tertawa dan menangis.*”
(QS. An-Najm: 43)
๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

*Jawaban no 2*

:๏ปญูŽ๏บƒูŽ๏ปงูŽู‘๏ปชู ๏ปซู๏ปฎูŽ ๏บƒูŽ๏ปฃูŽ๏บŽ๏บ•ูŽ ๏ปญูŽ๏บƒูŽ๏บฃู’๏ปดูŽ๏บŽ

“dan Dia-lah yang *mematikan dan menghidupkan.*”
(QS. An-Najm:44)
๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

*Jawaban no 3*

:๏ปญูŽ๏บƒูŽ๏ปงูŽู‘๏ปชู ๏บงูŽ๏ป ูŽ๏ป–ูŽ ๏บ๏ปŸ๏บฐูŽู‘๏ปญู’๏บŸูŽ๏ปดู’๏ปฆู ๏บ๏ปŸ๏บฌูŽู‘๏ป›ูŽ๏บฎูŽ ๏ปญูŽ๏บ๏ปŸู’๏บ„ู๏ปง๏บœูŽ๏ปฐ

“dan Dia-lah yang menciptakan berpasang-pasangan *laki-laki dan perempuan*. ”
(QS. An-Najm:45)
๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

*Jawaban no 4*

:๏ปญูŽ๏บƒูŽ๏ปงูŽู‘๏ปชู ๏ปซู๏ปฎูŽ ๏บƒูŽ๏ปู’๏ปจูŽ๏ปฐ ๏ปญูŽ๏บƒูŽ๏ป—ู’๏ปจูŽ๏ปฐ

“dan Dia-lah yang memberikan *kekayaan dan KECUKUPAN.*”
(QS. An-Najm:48)
โœ‹โœ‹โœ‹

Ternyata jawaban yang no 4 kita sdh berburuk sangka kpd Allah

Sesungguhnya Allah hanya memberikan _*kekayaan dan kecukupan*_ kepada hamba-hamba Nya *BUKAN kemiskinan* seperti yang telah kita sangkakan.

ุงุณุชุบูุฑุงู„ู„ู‡ ุงู„ุนุธูŠู…

Ternyata yang *menciptakan kemiskinan* adalah diri kita sendiri.

*Kemiskinan itu selalu kita bentuk dalam pola pikir kita*.

Itulah hakikatnya, mengapa orang-orang yang *pandai bersyukur* walaupun hidup cuma pas-pasan tapi ia tetap bisa tersenyum๐Ÿ˜ŠBAHAGIA???
*Karena ia merasa cukup, bukan merasa miskin seperti kebanyakan orang lainnya.*

*Semoga kita termasuk dari golongan orang-orang yang selalu merasa cukup dan selalu bersyukur dalam segala hal*.

Aamiin…

๐Ÿ€โ˜€๐Ÿ’ฆ๐ŸŒต๐ŸŒ™๐Ÿ€
Silakan dishare..
Semoga bermanfaat.